PT Surya Madistrindo (Gudang Garam)

Sebelum menceritakan proses seleksi saya di perusaan ini saya akan memaparkan profil perusahaan ini .PT Surya Madistrindo (SM) berdiri sejak tahun 1958 adalah unit usaha utama PT Gudang Garam Tbk. (GG), yang melakukan fungsi penjualan, distribusi dan aktivitas field marketing untuk seluruh produk PT Gudang Garam Tbk ke seluruh wilayah di Indonesia. PT Gudang Garam, Tbk adalah salah satu perusahaan besar di Indonesia yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sebagai perusahaan terbuka.


saya tidak tahu persis apply di perusahaan ini, yang saya ingat saya apply perusahaan ini ada postingan di instagram lalu scan barcode dan isi formnya, posisi nya pun  saya tak ingat, pas tanggal 1 desember 2017 pukul 19.39 WIB saya mendpatkan email undnagan test tulis dari PT surya Madistrindo di Bandung pada hari Rabu, 06 desember 2017 di Gedung RO Gudang Garam Jl.Soekarno Hatta no.703 . 
setealh itu saya langsung search di google maps , ternyata tempatnya saya tahu dekat SMK 7 Bandung. 
Pada Taggal 06 desember pagi nya saya berangkat dari garut pukul 09.00 naik Elf ,karena ane masih trauma kalau bepergian ke bandung naik bus, ngetem nya lama bingits . Alhamdulillah pukul 11.20 saya sampai bundaran cibiru dan naik bus Trans Bandung yang lewat jalan soekarno Hatta, lumayan cuman bayar Rp.3.000, kalau naik angkot mah paling 4.000 tpai lebih enak naik Trans bandung ada AC nya ,, tempat duduknya enak, bisa leluasa lihat pemndangan lagi. 

sekitar pukul 11.40 saya sampai dan cari mesjid, ternyata di samping gedung RO ada mesjid di kompleks Koperasi. saya sholat dulu, berdoa semuga lancar ujiannya dan lolos, hehe ngarep. setelah sholat mampir dulu di RM pinggir jalan makan dengan ikan tongkol plus sayur sop dan harganya lumayan lah Rp.10.000 lebih murah 2.000 dari pada di bikasoga, hehe. Setelah makan saya langsung ke Post satpam dan tulis absen  nitip KTP dan di tukar dengan ID card pengunjung. setalh dapat ID card saya dan peserta test lain naik ke Lt.6 pakai Lift. sampainya di Lt.6 kami duduk-duduk dulu dan jam 13,00 kami di persilahkan masuk. lalu kami di perkenalkan dulu tentang perusahaan ini serta proses seleksinya. yaitu sbb: 

FASE MT PT SURYA MADISTRINDO:
1. Administration Selection,
2. General Test,
3. Focus Discussion Group,
4. Interview HRD,
5. Interview BOD,
6. Offering,
7. Medical Check Up,
8. Welcome boarding (09.01.17)

————————————————————————————————————

GENERAL TEST SM:
Test terdiri dari 3 bagian: hitungan matematika dasar, pola huruf, dan padanan kata.

————————————————————————————————————

FGD SM:
"FGD terdiri dr 11 soal, 5 soal bagian pertama itu tentang tindakan atau solusi kita trhdp suatu masalah, nnti 5 pertanyaan itu kasus ttg atasan dan bawahan (manajerial), kemudian 6 soal lagi ttg manajemen juga cuma tugas kita hanya mencocokan saja, misalkan yg pertama ttg "brand distribution" nnti kita pilih dr jawaban yg sudah ada mana cara yg paling tepat untuk memperkenalkan sebuah brand. kurang lebih seperti itu.
intinya sih jangan fokus soal penilaian apakah +1 atau -1 krna besarnya nilai yg kita dapatkan sama sekali tidak di lihat. yg penting itu attitude kita pada saat diskusi, jangan ngotot, jangan pasif dan jangan mendominasi forum. tetap santai tp fokus sama masalah yg d bahas, boleh mempertahankan jawaban kita dgn mmpengaruhi anggota kelompok kita supaya pilihannya sama dgn kita tp ttep jangan ngotot :grinning:
jgn terpaku pada satu kasus, kalo anggota klompok sudah menentukan jawaban lgsung aja move, trus kita ikutin jwbn yg jadi mayoritas aja klo wktu mepet."
Source by: Sisca Rhosyta (2016)

————————————————————————————————————

INTERVIEW HR SM:
"interview kemaren yg d tanyakan seputaran pribadi aja gan, ga ada yg aneh2 misalkan kenapa agan ambil jurusan itu pada saat kuliah, kenapa agan milih univ tsb buat kuliah? data pribadi ditanya, kenapa tertarik sama SM? apa yang agan tau ttg SM? sama tahapan MT yg kita ambil (pas overview lebih baik di catat tahapan rekrutmen program MT nya)".
Source by: Sisca Rhosyta (2016)

"Kalo saya pertanyaan nya seputar form yg dikasih itu, background pendidikan(jurusan, skripsi dll), organisasi, pengalaman kerja, pekerjaan yg diimpikan."
Source by: Raditya Arvin (2016)


"Yg mt bd td ane ditanya seputar excel. Rumus2 excel apa yg kamu kuasai?
Trus pernah ga analisis data pake excel?
Sama skripsi kamu ngerjainnya pake excel ga? Trus gmn analisis dgn excelnya buat skripsi itu
Semoga bermanfaat :blush:"
Source by: Aldy Kelvianto (2016)


"Halo semua, saya yang kemaren intvw hr pada tanggal 30 desember. Mau share aja kemarin apa aja yang di tanyakan pas interview.
Pada intinya yang di tanyakan ke kita seputar form yang kita tulis, dan diri kita. Saya dan temen saya yang ditanyakan berbeda- beda. Kalau saya pertama di suruh perkenalan diri, di tanyakan mengapa memilih jurusan tersebut, karena saya jurusan bisnis ya di tanyakan lah punya bisnis apa yang sekarang di lakukan, dan di tanyakan juga pencapaian terbesar dalam hidup saya apa dan paling terakhir untuk SMO di tanyakan fase2 yang di bahas waktu FGD jadi ada baiknya kita sebelum interview mereview ulang fase2 MT SMO. Untuk MT BD dan AF lebih di tekankan seputar excel ya. Terima kasih dan semoga bisa membantu. :)"
Source by: Calvin Win

————————————————————————————————————

OVERVIEW MT SMO
Fase:
1. Traditional channel (salesman retail: gombong, toko, grosir) (16 weeks)
2. Consumer and trading market (merchandiser) (16 weeks)
3. Modern (example: convenience store and minimarket) and Hotel, Restaurant, Cafe, and Entertainment (horecatainment) channel (19 weeks)
4. Wholesaler channel (18 weeks)
5. Project Management (27 weeks)
6. Supervisory and leadership (15 weeks)

Roles MT SMO:
1. Sales distribution: product availability, product visibility, dan product freshness.
2. Field marketing: outlet promotion, dan consumer promotion.


sumber di atas saya ambil di grup telegram Surya Madistrindo, karena saya gak mencatat nya, hehe.
oke lanjut ke Proses ujian, Kami duduk 3 orang dan kami di berikan buku yang berbeda yaitu paket A,B & C , saya kebagian paket B. untuk soalnya seperti yang di jelaskan di atas ada 3 bagian, yautu matematika dasar, deretan huruf dan sinonim. masing2 bagian di beri waktu 10 menit. yang paling parah ane soal matematika cuman jawab 11 soal, deretan hurup karena gak faham cumna ngarang, kalau sinonim mah gampang ke isi semua. setelah selesai test kami di suruh menunggu 10 menit untuk mendengarkan hasil ujian tadi dan siapa saja yang lolos, selama 10 menit dengan perasaan gak tenang pasti gak lulus , hehe, saya ngobrol dulu dengan cewek yang di sebelah kiri saya namanya siti dari Tasik. setalah 10 menit tibalah pengumuman, dan eng ing eng nama-nama pesserta yang lolos di umumkan satu persatu dan tak ada nama saya , yah sudah lah bukan rezeki lagi. hehe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Test Tulis Tahap 1 PT Yakult Persada Garut

Pengalaman Test di Bank BTN