Pengalaman Test di Bank BTN



Setalah gagal di test CPNS Kemkumham saya mulai melamar kerja sana sini secara online dan offline , mulai dari bank, PT, perusaan kecil dll. Tapi lama responnya.  1 bulan tanpa pekerjaan merasa bosan, tapi akhirnya ada yang nawari kerja jadi admin di tempat pelayanan aqiqah dan catering, gajinya gak  tinggi tapi boleh lah dari pada nganggur , segitu juga udah alhamdulillah . setalh hampir1 bulan saya bekerja disini dapat panggilan interview di BRI Syariah di jakarta tapi saya gak ambil karena belum ada sertifikat TOEFL , meskipun skor yang di minta lumayan rendah menurut temen ane mah tapi tetp aja kalau belum ada sertifikatnya ngapain didatangin aling di usir , haha. Akhirnya dengan hati kecewa karena ingin tapi apalah daya belum persiapan karena pas daftar di web gak ada sertifikat toefl.
Selang satu minggu ada SMS dari BTN kalau saya lulus seleksi administrasi dan berhak ikut seleksi interview awal untuk posisi ODP (Officer Development Program )  wilayah perekrutan Bandung pada hari Jum’at, 10 November 2017 bertempat di Gedung 2 Universitas Padjadjaran Dipati Ukur Lt. 4  saya kebagian Batch 3 pukul 10.00-11.00.
Saya berangkat ke Bandung hari Kamis malam karena takut telat soalnya jadwal test nya jam 10 dan 30 menit sebelum test harus sudah di tempat, dan saya nginap di rumah bibi , walupun jarak nya lumayan jauh walaupu 1 kali naik angkot.
Pada ke esokan harinya saya berangkat pukul 08.00 dan sampai di unpad pukul 09.00 , saya banyak bertanya ke orang-orang karena belum tau kampus unpad dipati ukur itu dimana, alhamdulillah dapat , pas di kampus juga tanya lagi gedung 2 dimana , hehehe . sampailah di gedung 2 , saya langsung naik lift bersama para pelamar lain yang mengenakan baju khas test nya yaitu hitam putih. Oh iya untuk persyaratan interview awal di BTN yaitu :
1.       Formulir yang bisa di download di web nya BTN atau melalui link yang di kirim lewat SMS
2.       Nomor dada yang bisa di downoad juga di web nya BTN atau melalui link yang di kirim lewat SMS dan harus di tempel di dada pas interview
3.       Foto copy KTP yang ditempel di formulir
4.       Pas Foto Yang di tempel juga di formulir
5.       Foto copy ijazah legelisir 1
6.       Foto copy transkrip legalisir 1
7.       KTP asli
8.       Pakaian hitam putih beserta sepatu pantofel
                Balik lagi ke lokasi test , setelah saya sampai di Lt 4 ternyata yang Batch 1 juga belum selesai , jam 10 baru batch 2 , jam 11 kami dari batch 3 di panggil, di suruh antri sesuai no. Urut dan duduk sesuai nomor urut juga , kami di beri informasi tentang test ini oleh kakak cewek gak tau namanya siapa. Setalh di beri penjelasan kami pun harus berfoto 5 orang 5 orang di belakang, dan harus buka sepatu dengan latar tembok putih tapi ada 2 garis hitam , untuk ngukur tinggi kita . setelah di ukur kami menunggu interviewer yang kosong, di karenakan waktu sudah pukul 11.30 dan sudah adzan Jum’at kami yang cowok di persilahkan sholat jum’at dulu , lanjut jam 1 , untuk cewek lanjut interview.
Pukul 12.50 saya dan 2 teman saya dari ITB kembali ke tempat test, ternyata di dalam yang batch 3 sudah mulai interview padahal tadi di beritahu jam 13.00 baru mulai. Yang batch 4 sudah ada di ruangan juga, termasuk temen ane si Natal. Pas liat ada yng kosong saya datang menghampiri peng interview , saya di persilahkan duduk dan saya menyerahkan semua persyaratan, lalu saya di persilahkan memperkenalkan diri , saya memeperkenalkan diri secara singkat karena nerves, maklum baru pertama kali interview , hehe. Setelah itu saya di tanya tentang judul skripsi saya katanya unik, dan bagaimana hasil penelitiannya , saya jelaskan bla bla bla, lalu pertanyaan selanjutnya hobi, saya bilang hobi saya mendengarkan musik, jalan-jalan dan membaca, penginterview bertanya lagi , membaca apa ? saya: memebaca berita, Penginterview :  coba berita apa yang lagi hangat sekarang ? saya : tentang pernikahan putri presiden , sambil ketawa. Penginterview : coba yang lain ? saya : berita tentang kasus setnov . penginterview : menurutanda setnov itu seperti apa orang nya ? saya : kebal hukum pak,masa sudah beberpa kali terkena kasus belum di tangkap juga. Penginterview: baik , cukup , nanti kalau lulus di hubungi. Dan interview pun berakhir , dan dalam hati saya bicara “ koq interview nya aneh , bukan di tanya tentang perbankan, tentang BTN, kesiapan bekerja dll yang berhubungan ini mah kaya mau sidang skripsi dan ngobrol biasa aja “ haha
Saya pun pulang ke Garut dan 1 minggu berlalau koq belum ada SMS kelulusan cek di web ada hasil jadwal Test TOEFL dan TPA , kayaknya saya gak lulus, ternyata bener cek di web nya gak ada nama saya . tapi tak apa lah hitung-hitung pengalaman , maklum belum pernah interview di perusaan besar.
Oh iya, untuk tahapan seleksi di BTN yang dengar sebelum interview  , yaitu :
1.       Interview Awal
2.        Test TOEFL dan TPA
3.       Psikotest
4.       Test kesehatan
5.       Interview akhir


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Test Tulis Tahap 1 PT Yakult Persada Garut

PT Surya Madistrindo (Gudang Garam)