Test Pra Kualifikasi PT Krakatau Steel Bandung


Krakatau Steel atau PT KS merupakan Perusahaan baja milik BUMN yang berlokasi di Cilegon. untuk tahun 2017 tepatnya bulan oktober PT KS membuka lowonagn dengan posisi Manajemen Trainee . Bagi yang belum tahu Management Trainee adalah merupakan proses pelatihan terhadap karyawan baru yang direkrut oleh perusahaan untuk diberikan pengarahan dan wawasan tentang profil dan unit bisnis perusahaan, dan diharapkan hasil dari pelatihan dan pengembangan karakter ini akan diperoleh dan diseleksi calon pegawai baru yang memiliki kualitas untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih strategis pada level manajemen di perusahaan.
Baik, mulai saja untuk pengalaman saya mengikuti test ini di mulai dari mengisi form dulu di web krakatau steel disutu ada jurusan yang di butuhkan beserta kota nya. kebetulan jususan saya yaitu ilmu komunikasi masuk kualifikasi , kemudian saya apply dan setalah hampir 1 bulan menunggu , akhirnya pada tanggal 21 November saya mendapat SMS dari PT KS untuk mengecek web krakatau . Alhamdulillah nama  saya ada kebagiab Batch 3 dan berhak mengikuti test Pra Kualifikasi pada tanggal 26 November 2017 di Tennis Hall Bikasoga Buah Batu Bandung. oh iya seperti biasa kalau web nya terlalu banyak yang akses jadi down server nya PT KS juga begitu, alhadulillah saya cek jam 3 pagi pas dapat SMS langsung cek jadi web nya bisa langsung di akses . kalau mulai siang web sulit di akses , bahkan banyak pelalamar yang mengeluh tidak bisa akses. alhamdulillah lagi karena saya gabung di grup Krakatau Steel di telegram saya dapat info nya beserta file pdf peserta yang lulus. karena kasihan banyak yang belum bisa akses web , saya membagi hasil pengumumannay kepada teman-teman di instagram yang belum sempat akses. dan akhirnya dapat teman baru, hehehe. 
setelah pengumuman peserta kita mempersiapkan perlengkapan yang harus di bawa dan kewajiban yang harus di taati yaitu :
1. memakai Pakaian Rapih dan sepatu
2.  membawa Papan dada/papan ujian 
3.  membawa alat tulis 
4. KTP Asli 
5. Membawa Laptop/Notebook/Handphone (disarankan 4G) yang dapat dikoneksikan dengan akses internet dengan kuota yang mencukupi dan dalam kondisi Full Charged yang menunjang pelaksanaan tes untuk durasi minimal 1 jam
6. Membawa baterai cadangan (power bank)
7. Membawa alat bantu baca bagi yang membutuhkan
8. Hadir 1 (satu) jam sebelum waktu tes yang telah ditentukan. Ketidakhadiran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri
9. Tidak membawa kendaraan roda empat karena keterbatasan tempat parkir
10 .Tidak merokok selama berada di area tes dan segera meninggalkan area tes setelah selesai melaksanakan tes

itu adalah kewajiban pesserta yang harus di bawa dan di taati selama test. ada yang unik dari persyaratan di atas yaitu kebanyakan pelamar tidak mengetahui apa itu papan dada(padahal saya juga gak tau setelah serching di google ternyata papan dada itu papan ujian , saya kira no dada kaya test di BTN , hehe) . sampai-sampai di grup KS pertanyaan itu jadi trending topic , saya juga bingung untuk apa papan dada padahal kita mau test on line bisa pake HP atau laptop, tapi ya sudahlah ikuti saja. 
saya berangkat dari Garut itu pukul 17.00 naik elf soalnya bus lama , ongkosnya juga sama sih Rp.30.000 , yang membedakan adalah cara bawanya , kalau elf itu itung-itung uji adrenalin haha, jalaninnya itu loh kaya balapan , tapi saya suka dari pada jalan pelan-pelan, cepat dan selamat itu lah semboyan naik elf .
setelah melakukan perjalanna 2 jam akhirnya saya sampai di bandung , gak tau tepatnya dimana maklum saya mah belum terlalu hafal daerah bandung , hehe. turun di pinggir jalan yang banyak jualan oleh-oleh khas bandung, sempat tanya juga ke penjual kalo angkot ke ciwastra lewat sini gak ? katanya lewat yang warna kuning, di tungu-tunggu 20 menitan gak ada juga, mau pesan gojek mahal, akhirnya ada ibu-ibu penjual oleh-oleh yang nanya mau kemana tujuan saya , saya bilang ke ciwastra , ibu ini bilang kalau ke ciwastra gak lewat sini harus naik angkot lagi, terus saya tanya lagi kalau ke carefur kiara condong kemana ? ibu itu jawab naik angkot 08 aja nyebrang dulu, akhirnya saya nyebrang dan alhamdulillah sampai di carefour dan di jemput teman ane ke daerah ciwastra tepatnya di pesantren Ibnu Hajar.
Ke esokan harinya saya siap-siap untuk berangkat test, tapi liat-liat dulu di grup telegram krakatau steel dan ternyata ada kendala teknis yang batch 1 yang seharusnya jam 08.00 sudah mulai jam 09.00 belum juga mulai. Tapi ane berangkat saja soalanya bosan juga duduk-duduk di pesntren, hehe. Saya pesan Gocar karena ada voucher Rp.10.000 dan ane cuman bayar Rp.8000 harga aslinya sih Rp 18.000, karena ane gak tau tuh tempat test nya dimana kalau naik angkot lebih murah tapi tetep aja kalau gak tau tempat mah bakalan nyasar . sekitar 22 menit perjalanan dari tempat menginap ke tempat test di bikasoga, alhamdulillah sampai dan di bikasoga banyak orang ada yang lagi ibadah di greja, nikahan dan pastinya yang test PT KS. Pas ane sampai di depan Tennis Hall yang batch 1 sudah di ruangan test tapi belum mulai, yang batch 2 di ruangan registrasi dan batch 3 dan seterusnya duduk-duduk di luar (termasuk ane ).
Pas duduk-duduk sempat kenalan juga dengan beberapa orang ada yang dari bekasi lupa lagi namanya, Cewek dari Banten beserta ibunya, ada juga di Alex lulusan Polban . nah selama menunggu saya banyak jalan-jalan sama si Alex ini sama teman cewek satunya lagi, gak tau namanya siapa gak sempat kenalan soalnya. Sambil duduk-duduk juga saya memantau grup PT KS dan ternyata di undur jam test nya beserta teknis ujiannya, yang awalnya on line melalui web PT KS jadi semi online kita cuman kirim jawaban ke emailnya krakatau steel dan soalnya muncul di layar in fokus. Sebenarnya cara ini kurang efektif karena 4 layar yang kecil harus di lihat ribuan orang , kalau ane sih di depan masih keliatan coba yang di belakang apalagi yang ada masalah dengan penglihatan pasti terganggu. Seharusnya juga panitia seleksi harus belajar dari permasalahan pas pengumuman hasil web KS tidak bisa di akses karena server down, dan pas hari H server web nya kembali down karena serentak di akses oleh ribuan orang di 4 kota tempat test secara bersamaan.  Dan 1 lagi ketika test kita hanya di kasih waktu 30-60 detik mengerjakan 1 soal, kalau soal sinonim gak maslah, tapi kalau Matematika yang harus ngitung dulu, ngotret di kertas, bahasa indonesia yang banyak harus membaca, bahasa inggri sama , gak cukup kalau waktu segitu mah. Alhasil banyak dari kita sebagai peserta test isi asal-asal termsuk ane juga sih , hehe.
Setelah selesai ujian sekitar 50 menitan , kita di suruh kirim jawaban ke Email rekrutmen@krakatausteel.com dengan subjek Prakualifikasi PT KS, dan di masukan juga nama, tempat tanggal lahir, ID peserta, kloter, NIK, dan tempat test. Tetaapi kendala terjadi lagi , banyak yang tidak bisa kirim email karena kemungkinan email Full. Alhamdulillah kalau ane bisa kirim. Tapi yang lain banyak yang gagal, sudah coba ke email yang lain, tetap gak bisa, bahkan sampai malam, dan ke esokan harinya belum bisa juga mengirim email. Ada salah seorang peserta test yang mencoba menghubungi pihak panitia dan itu susah sekali, padahl cuman ingin menanyakan solusi agar jawaban yang telah di kerjalan bisa terkirim. Pihak KS hanya memberikan jawaban “terus coba saja sampai bisa kalau gagal coba lagi”. Akhirnya yang bertanay pun kecewa dengan jawaban tersebut.
Setelah selesai test dan malam harinya coba-coba buka grup telegram beserta IG nya krakatau, ternyata banyak yang menghujat sistem rekrutmen PT KS yang menurut para pelamar tidak prefesional, aneh, kurang siap dll. Kejadian yang serupa terjadi juga di tempat test lain dan ada yang dari jogja malahan mengatakan ada miss komunikasi antara peserta dengan panitia yang menyebabkan peserta yang salah tempat menunggu di diskualifikasi karena menurut panitia mereka telat, padahal mereka sudah di tempat , cuman panitia mengarahkan ke tempat yang lain untuk menunggu.
Perbincangan ini masih hangat sampai keesokan harinya, ada juga yang melapor ke Omdusmen, kementrian BUMN , dll. Ada juga teman ane si hafidz dia gak jadi ikut test dan memilih pulang  padahal sudah di tempat karena melihat sistem rekrutmen yang begini . ada banyak juga yang bertahan di tempat dengan alasan ini perusahaan BUMN kalau swasta mah sudah pulang. Kalau ane sih setia menunggu sama seperti test CPNS KEMENKUMHAM beberpa bulan yang lalu di Kawaluyaan kaksusnya malahan lebih parah dari yang ini sudah menunggu dari pagi pas malam baru dapat info kalau kita di undur ke hari rabu. Cuman bisa bersabar menerima semua ini, dan mudah-mudahan saya lolos ke tahap selanjutnya, Aaaaamiiin . karena tahapan seleksi di PT KS ini maish banyak lagi, ada test TPA dan bahasa inggris, test Psikotest, diskusi grup, interview, pemeriksaan kesehtan juga. Mudah-mudahan saya bisa lulus sampai akhir lah, bosan jadi pengangguran, hehe
tibalah tanggal 5 desember waktu pengumuman yang lolos test pra kualifikasi, dan ternyata gak langsung keluar pas pagi nya, keluarnya malam nya sekitar jam 12 malam begitu, dan pas di cek nama ane gak ada , yah sudah lah belum rezeki dan mungkin harus belajar lagi, maklum kalo ngerjain soal matematika lama dan bnayak yang gak faham. hehe



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Test Tulis Tahap 1 PT Yakult Persada Garut

Pengalaman Test di Bank BTN

PT Surya Madistrindo (Gudang Garam)